Course image Perawatan Kesehatan Kerja
Semester VII

Fokus mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kesehatan dan keselamatan kerja secara umum. Materi-materi yang dibahas mengenai model teori perawatan Kesehatan kerja, pengnalan hazard, indicator dan efek hazard, penyakit akibat kerja, standar praktik dari perawatan kesehatan kerja, dan implementasi dari evidence-based pada kesehatan dan keselamatan kerja. Pengamalan belajar meliputi lecture, diskusi, seminar EBN, praktikum kelas, dan contekstual learning (CtL).

Course image Bahasa Inggris II
Semester VII

Mata Kuliah Bahasa Inggris II merupakan suatu mata kuliah yang dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berbahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari English for Nusing yang akan diaplikasikan mahasiswa dalam memahami asuhan keperawatan berbahasa Inggris (reading) dan mendengarkan percakapan dalam setting dunia kesehatan (listening), membrikan health edukasi dalam bahasa Inggris (speaking) dan menulis asuhan keperawatan dalam bahasa Inggris (writing). Pembelajaran berbentuk diskusi kelas kecil bersama dosen sehingga diharapkan mahasiswa mampu mempersiapkan diri dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam dunia kesehatan, khususnya dunia keperawatan

Course image Perawatan Kesehatan Sekolah (PKS)
Semester VII

Perawatan kesehatan sekolah merupakan salah satu area dalam keperawatan komunitas yang lebih difokuskan dalam upaya pencegahan dan penatalaksanaan penyakit menular dengan menekankan upaya preventif dan promotif. Prespektif dalam keperawatan sekolah adalah bagaimana mengintegrasikan konsep kesehatan dalam kurikulum sekolah melalui berbagai usaha dalam penemuan dini gangguan kesehatan (case finding), upaya pemeliharaan kesehatan dan lingkungan sekolah.

Course image KEPERAWATAN BENCANA
Semester VII

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, jenis, klasifikasi, dan karakteristik bencana, dampak bencana terhadap kesehatan, prinsip penanggulangan kedaruratan bencana, persiapan bencana, penilaian sistematis, tindakan-tindakan keperawatan selama fase bencana, perawatan psikososial dan spiritual bagi korban bencana, perawatan bagi populasi rentan, aspek etik dan legal pada bencana, perlindungan bagi petugas, pendekatan interdisiplin, pemulihan pasca bencana, dan penerapan evidence based practice dalam keperawatan bencana. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir kritis, sistematis, dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep keperawatan bencana dengan pendekatan holistik, etis, dan peka budaya.