Fokus mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kesehatan dan keselamatan kerja
secara umum. Materi-materi yang dibahas mengenai model teori perawatan Kesehatan kerja,
pengnalan hazard, indicator dan efek hazard, penyakit akibat kerja, standar praktik dari
perawatan kesehatan kerja, dan implementasi dari evidence-based pada kesehatan dan
keselamatan kerja. Pengamalan belajar meliputi lecture, diskusi, seminar EBN, praktikum
kelas, dan contekstual learning (CtL).
Mata Kuliah Bahasa Inggris II merupakan suatu mata kuliah yang dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam
berbahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan
mempelajari English for Nusing yang akan diaplikasikan mahasiswa dalam memahami
asuhan keperawatan berbahasa Inggris (reading)
dan mendengarkan percakapan dalam setting dunia kesehatan (listening), membrikan health edukasi dalam bahasa Inggris (speaking)
dan menulis asuhan keperawatan dalam bahasa Inggris (writing).
Pembelajaran berbentuk diskusi kelas kecil
bersama dosen sehingga diharapkan mahasiswa mampu mempersiapkan diri dalam
meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam dunia kesehatan, khususnya dunia keperawatan
Perawatan kesehatan sekolah merupakan salah satu area dalam keperawatan komunitas yang lebih difokuskan dalam upaya pencegahan dan penatalaksanaan penyakit menular dengan menekankan upaya preventif dan promotif. Prespektif dalam keperawatan sekolah adalah bagaimana mengintegrasikan konsep kesehatan dalam kurikulum sekolah melalui berbagai usaha dalam penemuan dini gangguan kesehatan (case finding), upaya pemeliharaan kesehatan dan lingkungan sekolah.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mengalami kritis dan mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.
Pusparini Anggita A, S.Kep., Ns., M.N.Sc.
Teacher
Miftafu Darussalam, M.Kep.,S.p.,Kep.,MB.
Teacher
Masta Hutasoit, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Dwi Kartika Rukmi, M.Kep.,Sp.Kep.MB.
Teacher
Afi Lutfiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Novita Nirmalasari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Nor Pita
Teacher
Widya Purinajati
Teacher
Ferianto, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Dwi Susanti, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Intan Tiara Sukma
Teacher
Ike Wuri Winahyu Sari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Dwi Yati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, jenis, klasifikasi, dan karakteristik bencana, dampak bencana terhadap kesehatan, prinsip penanggulangan kedaruratan bencana, persiapan bencana, penilaian sistematis, tindakan-tindakan keperawatan selama fase bencana, perawatan psikososial dan spiritual bagi korban bencana, perawatan bagi populasi rentan, aspek etik dan legal pada bencana, perlindungan bagi petugas, pendekatan interdisiplin, pemulihan pasca bencana, dan penerapan evidence based practice dalam keperawatan bencana. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir kritis, sistematis, dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep keperawatan bencana dengan pendekatan holistik, etis, dan peka budaya.
Khristina Dias Utami, S.Kep.,Ns., MPH.
Teacher
Novita Nirmalasari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Fajriyati Nur Azizah, S.Kep., Ns,. M.Kep., Sp.Kep.J.
Teacher
Dewi Retno Pamungkas, S.Kep., Ns.,MNg.
Teacher
Ferianto, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Suwarno, S.Kep.,Ns., MNS.
Teacher
Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep.,Ns., MNg.
Teacher
Dewi Utari, S.Kep., Ns.,MNS.
Teacher
Rizqi Wahyu Hidayati, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Agus Warseno, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher