Fokus mata kuliah ini membahas tentang konep dasar kesehatan dan keperawatan komunitas, program-program kesehatan/kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalah kesehatan prioritas di Indonesia, asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait isu dan kecenderungan masalah kesehatan komuntas. Mata kuliah ini berguna dalam memahami konsep keperawatan komunitas dan berbagai area khusus dalam keperawatan komunitas terutama terkait dengan masalah kesehatan yang lazim terjadi di Indonesia, dan memahami mekanisme jaminan layanan keperawatan komunitas, serta issue/kecenderungan yang terjadi. Pengamalan belajar meliputi lecture, diskusi (Jigsaw), dan Contextual Learning.
Tutor dan pengajar:
- Afi Luthfiyati, M. Kep.
- Agus Warseno, M . Kep
- Anastasia Suci, MNg
- Dewi Utari, MNS
- Fajriyati Nur Azizah, M. Kep. Sp, Kep. J
- Ferianto, M.Kep
- Retno Sumiyarini, M. Med., Ed
- Rizqi Wahyu H., M. Kep
- Dr. Sujono Riyadi, M. Kes
- Suwarno, MNS
Afi Lutfiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Fajriyati Nur Azizah, S.Kep., Ns,. M.Kep., Sp.Kep.J.
Teacher
Ferianto, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Suwarno, S.Kep.,Ns., MNS.
Teacher
Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep.,Ns., MNg.
Teacher
Dr. Sujono Riyadi, S.Kep., Ns., M.Kes.
Teacher
Retno Sumiyarini, S.Kep.,Ns., MMedEd.
Teacher
Dewi Utari, S.Kep., Ns.,MNS.
Teacher
Rizqi Wahyu Hidayati, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Agus Warseno, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Mata
kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep dan prinsip-prinsip serta trend
dan issue kesehatan dan keperawatan jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas
tentang klien sebagai sistem yang adaptif dalam rentang respons sehat jiwa
sampai gangguan jiwa, psikodinamika, terjadinya masalah kesehatan/ keperawatan
jiwa yang umum di Indonesia. Upaya keperawatan dalam pencegahan primer,
sekunder, dan tersier terhadap klien dengan masalah psikososial dan spiritual
merupakan fokus dalam mata kuliah ini, termasuk hubungan terapeutik secara
individu dan dalam konteks keluarga. Pengalaman belajar ini akan berguna dalam
memberikan pelayanan/ asuhan keperawatan jiwa dan integrasi keperawatan jiwa
pada area keperawatan lainnya
Tutor & Pengajar:
- Fajriyati Nur Azizah, M. Kep., Sp. Kep., J
- Dewi Utari, MNS
- Anastasia Suci S, MNg.
- 4. Ferianto, M. Kep.
- Suwarno, MNS. (Widya Purinajati, S. Kep., Ns.)
- Rizqi Wahyu Hidayati, M. Kep.
- Dr. Sujono Riyadi, M. Kes. (Nor Pita Sari, S. Kep., Ns.)
- Rahayu Iskandar, M. Kep.
- Retno Sumiyarini, M. Med. (Intan Tiara Sukma, S. Kep., Ns.)
- Puspita Anggita, M.NSc
Pusparini Anggita A, S.Kep., Ns., M.N.Sc.
Teacher
Rahayu Iskandar, M.Kep.
Teacher
Fajriyati Nur Azizah, S.Kep., Ns,. M.Kep., Sp.Kep.J.
Teacher
Nor Pita
Teacher
Widya Purinajati
Teacher
Ferianto, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Suwarno, S.Kep.,Ns., MNS.
Teacher
Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep.,Ns., MNg.
Teacher
Retno Sumiyarini, S.Kep.,Ns., MMedEd.
Teacher
Intan Tiara Sukma
Teacher
Dewi Utari, S.Kep., Ns.,MNS.
Teacher
Rizqi Wahyu Hidayati, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Mata kuliah Keperawatan anak sakit kronis dan terminal adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai dari lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta berkebutuhan khusus, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif. Mata Kuliah ini membahas tentang konsep keperawatan anak dengan penyakit kritis atau terminal pada konteks keluarga dengan mengembangkan pola pikir logis dan etis, menggunakn komunikasi terapeutik dan memperhatikan budaya dan menghargai sumber-sumber etk, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik
Khristina Dias Utami, S.Kep.,Ns., MPH.
Teacher
Masta Hutasoit, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Afi Lutfiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Fajriyati Nur Azizah, S.Kep., Ns,. M.Kep., Sp.Kep.J.
Teacher
Ida Nursanti, S.Kep.,Ns.,MPH.
Teacher
Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep.,Ns., MNg.
Teacher
Retno Sumiyarini, S.Kep.,Ns., MMedEd.
Teacher
Dwi Susanti, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Latifah Susilowati, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Dwi Yati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan berdasrkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia, anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi, dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut, meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan international. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi modalitas keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer serta intervensi dan penanganan serta rujukan di Sistem Pelayanan Kesehatan Primer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL), belajar berdasarkan kasus dan praktik laboratorium
Pusparini Anggita A, S.Kep., Ns., M.N.Sc.
Teacher
Miftafu Darussalam, M.Kep.,S.p.,Kep.,MB.
Teacher
Khristina Dias Utami, S.Kep.,Ns., MPH.
Teacher
Dwi Kartika Rukmi, M.Kep.,Sp.Kep.MB.
Teacher
Afi Lutfiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Novita Nirmalasari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Nor Pita
Teacher
Widya Purinajati
Teacher
Wenny Savitri, S.Kep.,Ns.,MNS.
Teacher
Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep.,Ns., MNg.
Teacher
Retno Sumiyarini, S.Kep.,Ns., MMedEd.
Teacher
Dwi Susanti, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Intan Tiara Sukma
Teacher
Ike Wuri Winahyu Sari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Mata kuliah ini membahas tentang upaya peningkatan kesehatan reproduksi
perempuan usia subur, ibu hamil, melahirkan, nifas, diantara dua masa kehamilan dalam kondisi beresiko dan
masalah-masalah yang berhubungan dengan gangguan sistem reproduksi dengan
penekanan pada upaya preventif dan promotif yang menggunakan pendekatan proses
keperawatan serta memperhatikan aspek legal dan etis ditatanan klinik
maupun komunitas.
Pusparini Anggita A, S.Kep., Ns., M.N.Sc.
Teacher
Khristina Dias Utami, S.Kep.,Ns., MPH.
Teacher
Masta Hutasoit, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Afi Lutfiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Novita Nirmalasari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Nor Pita
Teacher
Widya Purinajati
Teacher
Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep.,Ns., MNg.
Teacher
Dwi Susanti, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Latifah Susilowati, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Intan Tiara Sukma
Teacher
Ike Wuri Winahyu Sari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Dwi Yati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep dan prinsip mengenai perawatan kesehatan primer dengan menekankan pada pemahaman terhadap Piagam Ottawa. Implementasi Konsep PHC berupa Sistem Kesehatan Nasional dan Jaminan Kesehatan Nasional sebagai wujud universal coverage dalam bentuk promosi kesehatan, level pencegahan penyakit, dan layanan kesehatan tingkat pertama serta jenjang rujukan.
Khristina Dias Utami, S.Kep.,Ns., MPH.
Teacher
Rahayu Iskandar, M.Kep.
Teacher
Ferianto, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Suwarno, S.Kep.,Ns., MNS.
Teacher
Anastasia Suci Sukmawati, S.Kep.,Ns., MNg.
Teacher
Dr. Sujono Riyadi, S.Kep., Ns., M.Kes.
Teacher
Retno Sumiyarini, S.Kep.,Ns., MMedEd.
Teacher
Dewi Utari, S.Kep., Ns.,MNS.
Teacher
Agus Warseno, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Dwi Yati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan
kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan,
perkemihan, dan reproduksi pria. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus
gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan, perkemihan, dan reproduksi
pria berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik
seperti biologi, histologi, biokimia, anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu
keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah,
dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan,
kelainan degeneratif, keganasan dan trauma, yang termasuk dalam 10 kasus
terbesar baik lokal, regional, nasional, dan internasional. Lingkup bahasan
mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi
keperawatan meliputi terapi modalitas keperawatan pada berbagai kondisi
termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah interaktif, tutorial dengan metode Case-based Learning, proses penugasan, Discovery Learning, serta praktik
laboratorium. Dalam setiap kegiatan
tersebut akan dilakukan evaluasi untuk menilai pencapaian kompetensi mahasiswa.
Evaluasi dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi dengan menggunakan
evaluasi formatif dan sumatif yang terdiri dari evaluasi proses, ujian CBT, dan
OSCE, serta pengukuran ketercapaian Capaian Pembelajaran.
Pusparini Anggita A, S.Kep., Ns., M.N.Sc.
Teacher
Miftafu Darussalam, M.Kep.,S.p.,Kep.,MB.
Teacher
Khristina Dias Utami, S.Kep.,Ns., MPH.
Teacher
Dwi Kartika Rukmi, M.Kep.,Sp.Kep.MB.
Teacher
Afi Lutfiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Novita Nirmalasari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Nor Pita
Teacher
Widya Purinajati
Teacher
Wenny Savitri, S.Kep.,Ns.,MNS.
Teacher
Dwi Susanti, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Latifah Susilowati, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Intan Tiara Sukma
Teacher
Ike Wuri Winahyu Sari, S.Kep.,Ns., M.Kep.
Teacher
Dwi Yati, S.Kep., Ns., M.Kep.
Teacher
Mata kuliah Praktik Klinik Dasar memberikan gambaran dan pengalaman nyata dalam melakukan asuhan keperawatan pada area keperawatan dewasa sistem kardiovaskuler, respirasi, hematologi, endokrin, imunologi, pencernaan, perkemihan, dan reproduksi pria, muskuloskeletal, integumen, persepsi, dan persarafan, serta keperawatan anak dengan gangguan nutrisi dan gangguan sistem respirasi, digestif, neurologi, integumen di tatanan layanan rumah sakit sesuai dengan etika, moral serta legal keperawatan. Pengalaman belajar dan bimbingan mahasiswa diperoleh melalui metode pembelajaran yang berfokus pada peserta didik (Student Centered Learning).